Rabu, 29 April 2009

Pertemuan 12 Keamanan Mail Server

Keamanan Mail Server

Tentang Email
Email merupakan aplikasi yang paling populer di Internet.
e-mail adalah sebuah pesan komputer elektronik.Selain merupakan sebuah media komunikasi informal dengan teman-teman, e-mail juga dapat digunakan sebagai media komunikasi formal dengan organisasi dan para professional melalui sebuah jaringan komputer. E-mail merupakan sarana yang cepat, murah dan dapat dikirim langsung pada banyak penerima. Biasanya, e-mail lebih informal dan komunikatif dibanding surat tradisional.

Keamanan data dan E-mail
Jaringan komputer dan internet saat ini sudah merupakan kebutuhan yang sangat vital dan diyakini bahwa dengan jaringan komputer banyak sumberdaya yang bisa dihemat, seperti dana, tenaga, dan lain-lain . Selain itu, dengan jaringan komputer dan internet lalulintas data berjalan sangat cepat, tepat dan akurat tanpa ada batas ruang dan waktu.

Penggunaan e-mail, sharing dan transfer data baik kabel, serat optik maupun VSAT dengan teknologi VPN (Virtual Private Network) sudah merupakan lazim dilakukan oleh hampir semua perusahaan saat ini, dengan demikian sangat diperlukan sistem keamanan jaringan yang benar-benar handal dan bisa menghalau berbagai gangguan keamanan data e-mail dalam server Anda.

Saat ini banyak tidak sedikit program antivirus baik baru maupun antivirus lama yang terus diupdate kemampuannya. Berbagai perusahaan antivirus seperti Mc Affee, AVG, dan lain-lain terus berupaya menciptakan inovasi baru agar program antivirus mereka mampu menangkal dan membasmi spam, warm dan virus. Selain perusahaan khususnya pembuatan program antivirus, kepedulian Microsoft sebagai perusahaan raksasa sistem operasi, aplikasi dan bahasa pemrograman, ternyata juga sangat konsen terhadap sistem keamanan data dan e-mail dari gangguan warm, spam dan virus ini.

Salah satu kepedulian Microsoft terhadap warm, spam dan virus ini dibuktikan dengan kehadirannya Microsoft Forefront. Microsoft ForeFront ini hadir berupa Microsoft Forefront Client Security, Microsoft Forefront Security for Exchange Server dan Microsoft Forefront Security for SharePoint. Microsoft Forefront Client Security memberikan perlindungan terhadap malware pada komputer dan sistem operasi yang mudah dioperasikan pengguna. Microsoft Forefront Security for Exchange Server bertugas melindungi e-mail server perusahaan dari berbagai jenis virus, spam dan sejenisnya. Sedangkan Microsoft Forefront Security for SharePoint, menawarkan penggabungan beberapa fitur scanning virus untuk melindungi data perusahaan secara komprehensif, khususnya pada data-data penting dan rahasia.

Microsoft Forefront dan Microsoft System Center merupakan dua produk terkini dan merupakan solusi security yang komprehensif. Produk security yang komprehensif dari hulu ke hilir yang tidak hanya dilengkapi dengan dua atau tiga fungsi scanning, melainkan delapan fitur scanning yang secara simultan dan terus-menerus melindungi infrastruktur TI, dengan tetap menjaga keseimbangan antara reliability dan performance.

Microsoft Forefront bekerja menangani security, Microsoft System Center menawarkan fungsi membantu seorang administrator dalam melakukan monitoring dan pengelolaan server secara proaktif. Aplikasi ini menyederhanakan proses yang sebelumnya harus dilakukan seorang administrator menggunakan beberapa aplikasi, dengan hanya satu aplikasi.

Jenis E-mail
- Response (Balasan) : Gunakan judul yang sama, awali dengan "RE:"
- Request (Permintaan) : REQ atau Request
- Critical message (Pesan Penting): URGENT
- Proprietary (Pribadi) : PROPRIETARY/ CONFIDENTIAL (rahasia)

Komponen Email
Sistem email memiliki dua komponen
–Mail User Agent (MUA)Berhubungan dengan pengguna.Contoh: elm, mutt, pine,
pegasus, eudora, netscape, outlook
–Mail Transfer Agent (MTA)Yang melakukan pengiriman email.Contoh: sendmail,
qmail, postfix, exchange

Contoh Email
Di definisikan oleh RFC 822
–header
Seperti amplop, berisi informasi tentang alamat pengirim dan yang dituju.
–body
Isi dari surat. Dipisahkan dari header dengan sebuah baris kosong.

Penyadapan email - confidentiality problem
-Email seperti kartu pos (postcard) yang dapat dibaca oleh siapa saja. Terbuka.
-Email dikirimkan oleh MTA ke “kantor pos” terdekat untuk diteruskan ke “kantor
pos” berikutnya. Hopping. Sampai akhirnya di tujuan.
-Potensi penyadapan dapat terjadi di setiap titik yang dilalui.

Objek yang disadap adalah layanan komunikasi yang menggunakan/melintasi network operator, access operator, dan atau layanan internet melalui service provider.
Dalam lawful interception, layanan internet didefiniskan sebagai :
- akses ke internet itu sendiri
- layanan-layanan yang menggunakan internet, seperti
- browsing ke World Wide Web
- email
- groups
- chat dan icq
- Voice over IP
- File transfer Protocol (FTP)
- Telnet- dan segala hal yang melintasi internet protocol.

Bagaimana jika lalu lintas data yang dienkrip ? misal:
- Secure e-mail (contoh PGP, MIME)
- Secure surfing menggunakan HTTPS sepetri SSL, TLS- Virtual Privat Network
Secure (VPNs) seperti pgp-phone

JIKA lalu lintas data yang dienkrip tersebut menggunakan jaringan Nerwork Operator/ Access Provider / Service Provider MAKA data yang terenkripsi tersebut harus ‘ditelanjangi/dikuliti’ dahulu sebelum dikirimkan dan atau data kunci atau enkriptor yang dibuat harus sesuai dengan yang disediakan oleh Law Enforcement Agency (LEA), kecuali hal tersebut diatas adalah merupakan tantangan bagi LEA untuk meningkatkan sisi teknis lawful interception.

Tindakan penyadapan yang dilakukan mengacu pada dua standar, yaitu
1. European Telecommunications Standards Institute (ETSI), berbasis di prancis
2. Communications Assistance for Law Enforcement Act (Calea), berbasis di USA

Proteksi terhadap penyadapan
-Menggunakan enkripsi untuk mengacak isi surat
-Contoh proteksi: PGP, PEM

Email palsu
-Mudah membuat email palsu dengan membuat header sesuka anda.
-Email palsu ini kemudian dikirimkan via MTA atau langsung via SMTP
-Aktivitas tercatat di server dalam berkas log

Proteksi: email palsu
-Lihat header untuk mengetahui asal email
-Menggunakan digital signature

Spamming
SPAM adalah unsolicited email (email yang tidak diminta) yang dikirim ke banyak orang. Contoh kiriman email yang berisi spam: iklan, advertensi, tawaran untuk bergabung ke MLM, undian, informasi palsu, phishing, penipuan. Ya, TechScape selalu berusaha memerangi siapapun yang melakukan spam.
-Mengirim satu email ke banyak orang
-Proteksi: MTA dipasang proteksi terhadap spamming (RBL)

Mailbomb
-Mengirim banyak email ke satu orang
-Proteksi: membatasi ukuran email, quota disk, menggunakan filter khusus

Mail relay
-Menggunakan server orang lain untuk mengirimkan email
-Akibat:
a.Bandwidth orang lain terpakai untuk mengirim email tersebut (yang biasanya
banyak)
b.Mengelabui penerima email

Mail relay Adalah fasilitas untuk mengirimkan email dengan menumpangkan kepada server yang di sebut relay. Server tersebutlah yang nantinya mengirimkan email ke alamat tujuan. Fasilitas ini digunakan untuk mengurangi beban dari workstation atau PC untuk mengirimkan email dengan melakukan sentralisasi pengiriman email. Akan tetapi sayangnya fasilitas ini sering diabuse untuk mengirimkan junk mail, yang disebut spamming, dengan menumpang mail server milik orang lain. Akibat dari tumpangan ini, mail server tersebut menjadi terbebani dan dijadikan tempat untuk meluncurkan spamming. Agar sistem anda tidak ditumpangi oleh orang-orang yang tidak berhak menggunakan mail server anda, maka anda harus mengkonfigurasi mail server sehingga tidak boleh dijadikan relay oleh orang lain (kecuali oleh user anda).

0 komentar:

Posting Komentar

 

Maya Ihara. Design By: SkinCorner